CHRONIC = ART

Search This Blog

Wednesday, 3 July 2013

Rampungnya Perang Inggris vs Argentina

Militer Argentina yang menjadi tahanan perang di Perang Falkland pada tahun 1982. (Wikimedia Commons)


14 Juni 1982, dunia menyaksikan betapa Argentina bukan lawan sepadan untuk Inggris dalam perebutan Pulau Falkland. Tepat di tanggal tersebut, 31 tahun lalu, Argentina menyerah, sekaligus mengakhiri perang yang dimulai pada 2 April 1982 itu.

Statistik dalam situs military history menyebut Argentina kehilangan 649 nyawa, 1.068 terluka, dan 11.313 lainnya menjadi tawanan. Mereka juga kehilangan satu kapal selam, kapal penjelajah, dan 75 pesawat tempur.

Sementara, Inggris yang saat itu di bawah kekuasaan Margaret Thatcher kehilangan 258 nyawa, 777 terluka. Sebagai tambahan, Inggris gagal mempertahankan dua kapal penghancur, dua kapal pengawal, dan dua kapal lainnya ditenggelamkan.

Perang ini berakar dari perebutan Pulau Falkland antara Argentina dan Inggris. Dari sisi geografis, pulau ini memang lebih dekat dengan Argentina --hanya 482 kilometer. Namun, Angkatan Laut Inggris adalah pihak pertama yang tercatat mencapainya di bawah pimpinan Kapten John Strong pada 1690.

Sang Kapten menamai pulau tersebut Viscount Falkland, sesuai nama perwira tertinggi di AL Inggris saat itu. Sesudah mengalami beberapa kali pergantian kekuasaan antara Inggris dan Spanyol, Argentina ikut mengklaim kedaulatan di Falkland pada 1820.

90 tahun berlalu, kehidupan di pulau ini tidak berubah. Hingga pada tahun 1981, para penghuninya melakukan referendum dan memilih tetap di bawah kuasa Inggris.

Namun, pemimpin junta militer Argentina, Leopoldo Galtieri, ingin menginvasi Pulau Falklands untuk membangkitkan rasa patriotik bangsanya. Meski demikian, beberapa referensi menyebut, ini dilakukan Galtieri karena ingin menghindari kritik dan mempertahankan kekuasaan.

Sejarah akhirnya membuktikan bahwa ego Galtieri bukan tandingan militer Inggris. Setahun pascamenyerah di Perang Falkland pada tahun 1982, militer Argentina akhirnya tumbang di dalam negeri.

0 comments:

Post a Comment

Page Fans

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management