• Facebook





       Facebook adalah situs jejaring sosial yang ditemukan dan dirancang oleh Mark Zuckerberg, jika ada orang yang bisa dibandingkan dengan Bill Gates, maka Mark Zuckerberg-lah orangnya, keduanya sama-sama mahasiswa drop-out dari universitas Harvard dan keduanya merupakan sosok orang yang sukses luar biasa dalam usia muda, jikaBill Gates menemukan Microsoft maka Mark Zuckerberg menemukan Facebookyang kini memiliki kekayaan lebih dari 1.5 miliar dolar AS.

      Pada awalnya Facebook hanya diperuntukan khusus untuk Mahasiswa/Mahasiswi diHarvard sehingga hanya pengguna dengan alamat email Harvard yang bisa bergabung dengan jaringan Facebook. Melihat perkembangan Facebook yang sangat pesat, investor mulai berani menginvestasikan uangnya pada proyek yang dianggap mempunyai masa depan yang cerah ini, pada akhir tahun 2004 akhirnyaMark Zuckerberg bersama dengan teman-temannya pindah dari Harvard setelah mendapatkan investasi dari Peter Thiel senilai $500.000, beberapa bulan berikutnya Facebook kembali mendapatkan investasi sebesar $12.700.000 dariAccel dan $27.500.000 dari Geylock yang membuat nilai perusahaan menjadi $40.000.000.

      Perkembangan selanjutnya, idealisme awal mulai berubah dan Facebook mulai terbuka kepada universitas lain yang ada, langkah ini menuai sukses luar biasa sehingga pada tanggal 26 September 2006 Facebook terbuka untuk semua orang yang memiliki alamat email, kini Facebook merupakan situs jejaring sosial atau situs pertemanan yang paling ramai dikunjungi dengan anggota mencapai lebih dari 200 juta pengguna (data April 2009).

    Facebook Awalnya dari Sini

      Mark Zuckerberg mulai mengenal pemrograman pada kelas enam dengan panduan dari buku C++ for Dummies dengan kemampuan yang sangat baik, Mark Zuckerberg juga dikenal sebagai seorang yang idealis dan tidak begitu peduli dengan uang, program pemutar MP3 buatannya pernah ditawar oleh perusahaan besar namun ditolaknya.

      Ketika berada di Universitas Harvard, Mark Zukerberg pernah membuat situscoursematch.com yang memungkinkan mahasiswa mendaftarkan mata kuliahnya secara online sembari melihat daftar kuliah dari mahasiswa lainnya, Mark Zukerberg juga pernah membuat situs facemash.com yang secara ilegal akan mengambil foto-foto teman sekelasnya dan menampilkannya berdampingan dengan foto binatang. Mark Zukerberg juga pernah melakukan pencurian data penghuniHarvard dan menceriterakannya kepada publik melalui situsnya, akibat perbuatannya ini situsnya menjadi terkenal dalam waktu yang singkat sekaligus membuat situs ini berumur sangat pendek hanya sekitar 4 jam karena ditutup oleh pihak kampus.

      Karena kasus ini Mark Zuckerberg diajak bergabung oleh 3 orang mahassiswa kaya di Harvard yakni Divya Narendra, Tyler Winklevoss dan Cameron Winklevossuntuk mengerjakan proyek yang mereka impikan yaitu situs komunitas khusus untuk lingkungan kampus karena proyek ini tidaklah mudah dan dibutuhkan pemrograman tingkat tinggi namun diam-diam ternyata Mark Zuckerberg sedang mengembangkan websitenya sendiri dan sering berhubungan secara intensif denganAaron J. Greenspan yang sebelumnya telah membuat situs sosial networkingdilingkungan kampus tetapi akhirnya ditutup juga karena pelanggaran privasi, bahkan Mark Zuckerberg meminta Aaron J. Greenspan untuk membantunya menyelesaikan proyek rahasia ini namun ditolak oleh Aaron J. Greenspan karenaMark Zuckerberg dianggap tidak profesional dan tidak meyakinkan dalam segala bidang.

      Mark Zuckerberg dalam mengembangkan Facebook tidaklah sendirian, namun bersama teman terdekatnya Eduardo Saverin sebagai partner dengan nilai investasi $1.000, setelah Facebook diluncurkan 4 Januari 2004, antusiasme dari pendaftar mulai menimbulkan kesulitan dan menyebabkan Mark Zuckerberg mulai mencari partner lain untuk membantunya dalam hal programming, maka muncullahDustin Moskovitz sehingga status kepemilikan menjadi 65% untuk Mark Zuckerberg, 30% untuk Saverin dan 5% untuk Dustin Moskovitz, teman lainnya yang ikut membantu adalah Andrew McCollum (graphic Artist) dan Chris Hughesyang ikut memperkenalkan Facebook kepada publik. Ambisi Mark Zuckerberguntuk terus mengembangkan Facebook sekaligus menjadi situs bisnis terjawab setelah mereka berkenalan dengan Sean Parker, seorang asisten pendiri Napsteryang terkenal.

      Ketika Mark Zuckerberg meluncurkan Facebook, Trio Harvard Connection yang mengetahuinya merasa kebakaran jenggot, mereka segera mengadukan Mark Zuckerberg kepada pihak kampus dan mendaftarkan kasusnya ke pengadilan karena merasa dikhianati dan dirampok, mereka juga menuduh Mark Zukerbergsengaja menunda-nunda penyelesaian proyek yang diberikan kepadanya sembari membuat program Facebook untuk dirinya sendiri. Trio Harvard Connection juga segera meluncurkan situs mereka yang diberi nama ConnectU yang ternyata tidak laku karena setelah beberapa tahun hanya mampu mendapatkan 15.000 anggota. Setelah bertarung di pengadilan selama 4 tahun akhirnya kasus ini diselesaikan secara tertutup dimana Facebook bersedia membayar sejumlah uang dan saham kepada ConnectU.

     Facebook memang sukses, namun tidak demikian dengan orang-orang dalam lingkaran Mark zuckerberg. Eduardo Saverin teman dekat Mark Zuckerbergakhirnya berselisih paham dengannya dan mengakibatkan dirinya terdepak dariFacebook, tidak hanya Eduardo Saverin, Sean Parker yang menjabat sebagai Presiden Facebook akhirnya juga harus mengundurkan diri karena oleh Mark Zuckerberg dituduh memiliki kokain dan sakaw saat menjalankan bisnis walaupun hal ini dibantah oleh Sean Parker. Chris Huges akhirnya juga keluar dariFacebook dan bekerja untuk presiden Amerika terpilih Barack Obama.

    Terbukti uang bukanlah segalanya bagi Mark Zuckerberg ketika ia menolak tawaran dari yahoo yang akan membeli Facebook dengan nilai $1.000.000, keputusan ini oleh sebagian kalangan dianggap keputusan yang gila karena menolak menjualnya dengan harga yang sangat tinggi, ternyata keputusan ini adalah keputusan paling pintar karena ternyata nilai Facebook jauh lebih tinggi daripada tawaran yahoo, pada tanggal 24 oktober 2007, Microsoft melakukan pembelian 1.6% saham Facebook dengan nilai $240 juta yang membuat nilai perusahaanFacebook menjadi $15 miliar.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Powered by Blogger.

Follower

Total Visitor

Search This Blog

Archives

Translators

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Blogger templates

Blogger news

Budayakan membaca walaupun sekedar artikel ringan.

Page Fans

Blogroll

CHRONIC = ART