• Sejarah Spartan Dengan 300 Pasukan




    Sparta dikenal sebagai negara pemegang kekuatan militer yang tidak pernah bisa dibandingkan di jamannya oleh negara manapun, kemiliteran Yunani kuno dibawah kekuasaan Sparta. Mereka tidak pernah bekerja, semua tugas makanan dan lain-lain dikerjakan oleh budak-budak yang mereka peroleh dari wilayah yang telah mereka kalahkan. Pengawasan budak-budak agar tidak kabur pada saat bekerja di serahkan pada anak remaja Sparta.







    Battle in Thermopylae bukan pertempuran untuk langsung mengalahkan Persia, Raja Leonidas memilih 300 Pasukan Sparta hanya untuk menahan Persia selama mungkin hingga Seluruh Yunani bisa besatu untuk memukul mundur Persia,di kisahkan dalam film 300 itu tentang spartan hanya berjumlah 300 dan menghadang pasukan raja Xerxes yang kemayu.



    Spartan - King Leonidas


    Memang tdk hanya 300 Sparta saja, ada sekitar 700 Thespians, 400 Thebans, namun jika dikalkulasi seluruh angkatan perang musuh yaitu Persia saat itu berjumah 2.500.000 lebih, sementara dari pihak Yunani yang dipimpin Sparta hanya berjumlah sekitar 3000-an saja dan dgn Sparta dibagian terdepan untuk menahan gempuran pasukan persia, selama 2 hari pasukan pesia tidak mampu menembus pertahanan Sparta, hingga akhirnya dihari ke 3, seorang Yunani bernama Ephialtes menghianati Sparta dengan memberi tahu jalan rahasia dari belakang bukit untuk menjebol pertahanan dan mengepung Sparta dan juga pasukan Yunani lainnya, banyak dari pihak Yunani yang mundur sebelum dikepung namun 300 Sparta dengan hukumnya tetap bertahan didampingi sekitar 700 Thespians, mereka diserang dari 2 sisi oleh persia, Yunani akhirnya kalah, namun dari keseluruhan korban yang diperkirakan selama 3 hari pertempuran, pasukan Sparta dan Yunani hanya menderita kerugian yang sedikit sejak hari pertama hingga 1000 lebih tewas disaat2 terakhir, sedangkan pihak Persia yang dipimpin Xerxes ada sekitar 20.000 korban.

    Bisa di bayangkan Sparta dibagian terdepan membunuh sekitar 10.000 lebih pasukan persia dengan 300 orang, sementara pasukan Yunani lainnya hanya membantu dari belakang.

    Setelah pertempuran ini, setahun kemudian seluruh Yunani bersatu dan bertempur kembali melawan Xerxes dan disini Persia dikalahkan termasuk di pertempuran setelah itu. Battle of Salamis (480 BC) & Battle of Plataea, bahkan diperang2 sebelumnya saat invasi dari Persia sebelum Xerxes, Yunani dan Sparta pun menang hampir disetiap pertempuran, contohnya saja di Battle of Mycale dll. Pada intinya pasukan2 Yunani hampir disetiap pertempuran kalah sedikit, banyak jumlah yang tidak adil melawan Persia, namun tetap saja kemenangan ada di tangan Yunani dengan Korban yang jauh lebih sedikit dari Persia yang memiliki armada perang lebih banyak.

    Sparta kembali maju berperang di tahun 371 BC dengan nama Battle of Leuctra. Untuk pertama kalinya mereka merasakan kekalahan walaupun sudah menyerang dengan kekuatan penuh, inilah awal titik mula kehancuran sparta. Sparta tidak pernah pulih dari kekalahannya di perang ini, faktor kehilangan banyak orang dewasa dan pemberontakan budak-budak yang tak puas hanya makan makanan sisa membuat mereka makin lemah.

    Raja Philip II dan anaknya yang superior tapi freak: Alexander The Great pernah berusaha menghancurkan Sparta, karena walaupun dinilai mereka sudah lemah, tetapi kemampuan beladiri Spartan tetap menjadi ancaman mereka dalam menguasai Yunani. Dari kisah ini terlahir anekdot bahwa Raja Philip II mengirim berita ke Sparta “Jika aku sudah memasuki Laconia, Aku akan meratakan Sparta sama dengan tanah.” Dan Sparta hanya menjawab “Jika”

    Pada akhirnya Sparta tetap survive sampai pada jaman kerajaan romawi pada saat Yunani ditakhlukkan oleh jendral Romawi bernama Lucius Mummius, Sparta menjadi negara yang lumayan damai dan banyak dimasuki oleh turis yang ingin melihat kebudayaannya.

    Setelah itu Sparta terlibat pertarungan melawan Viking, dan Sparta memenangkan perang ini, tetapi belum ada bukti pasti tentang cerita ini. Sungguh, pasukan yang patut dikenang akan kehebatan mereka
  • You might also like

    1 comment:

    1. KRISTALQQ situs resmi permainan kartu Online terlengkap dan terpercaya di Indonesia bonus kemenangan nyata ratusan juta

      ReplyDelete

Powered by Blogger.

Follower

Total Visitor

Search This Blog

Archives

Translators

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Blogger templates

Blogger news

Budayakan membaca walaupun sekedar artikel ringan.

Page Fans

Blogroll

CHRONIC = ART