• Manhattanhenge

    Sebuah fenomena unik di New York City, biasa disebut Manhattanhenge, yaitu ketika sinar matahari terletak segaris lurus dengan satu jalan yang dijajari pencakar langit New York. Peristiwa ini terjadi dua kali setahun dalam dua hari berturut-turut.
    nycsunset_tyson
    Matahari terbenam segaris dengan 34th Street, NYC.
    Manhattanhenge hanya berlaku pada jalan-jalan yang mengikuti Commissioners Plan tahun 1811, yang jalannya 28.9 derajat melenceng dari poros timur-barat yang asli.
    un-manhattanhenge
    34th Street selama Manhattanhenge, dengan Markas Besar PBB di bagian depan dan Empire State Building di bagian belakang.
    Apa yang akan dipikirkan masyarakat masa depan tentang Pulau Manhattan ketika mereka menggalinya dan menemukan sejaringan jalan yang sangat rapi penataannya? Tentunya pola ini memiliki kesamaan astronomis, sebagaimana yang kita temukan pada batu besar Stonehenge, di Salisbury Plain di Inggris. Untuk Stonehenge, hari spesialnya ialah titik balik matahari musim panas, ketika Matahari terbit segaris dengan beberapa batu, yang menandakan perubahan musim.
    Untuk Manhattan, sebuah tempat di mana sore lebih penting daripada pagi, hari spesialnya terjadi hari Sabtu, 30 Mei 2009, satu dari dua kesempatan ketika Matahari segaris dengan jalan-jalan di Manhattan, yang menyinari setiap jalan lintas tunggal selama 15 menit. Hari lainnya adalah Minggu, 12 Juli 2009. Dua hari ini memberikan Anda pemandangan fotogenik dengan setengah Matahari di atas dan setengah Matahari di bawah cakrawala. Hari setelah 30 Mei (Minggu, 31 Mei 2009), dan hari sebelum 12 Juli (Sabtu, 11 Juli 2009) juga memberikan Anda momen-momen Manhattanhenge, tapi Anda akan melihat seluruh Matahari berada di cakrawala.
    nyc street grid
    Tata jalan di New York City (tampak bentangan 34th Street tengah). Sumber: Google Maps (klik gambar untuk versi besar)
    Sebagaimana yang Anda ketahui, tata jalan Manhattan telah diatur sedemikian rupa dengan jalur utara-selatan, kemudian hari Manhattanhenge berada pada equinox musim semi dan musim gugur, yaitu dua hari di kalender ketika Matahari terbit di timur dan tenggelam di barat. Tapi tata jalan Manhattan berputar 30 derajat ke timur dari titik utara geografis, sehingga memindah-mindahkan hari Manhattanhenge di sepanjang kalender.
    Perlu diketahui bahwa setiap kota yang dilintasi oleh tata jalan persegi dapat menetapkan hari-hari di mana Matahari tenggelam segaris dengan jalan-jalan mereka. Tapi di berbagai kota di seluruh dunia, tampaknya mereka kurang ideal untuk fenomena ini. Selain tata jalan yang pas, Anda juga butuh pemandangan yang jelas ke cakrawala, sebagaimana di New Jersey. Dan bangunan tinggi yang berjajar di pinggir jalan dapat membentuk sejenis jalur bata dan besi sebagai bingkai Matahari tenggelam, sehingga menghasilkan kesempatan fotografi yang terbuka lebar.
    Manhattanhengecollage
    Pemandangan matahari terbenam di salah satu jalan di New York City.
    Memang benar, sejumlah kotamadya di Amerika Serikat memiliki jalan yang dinamai setelah Matahari (Sun), seperti Sunrise Highway di Long Island dan Sunset Strip di Los Angeles. Tapi jalan-jalan ini tidak lurus secara sempurna. Dan beberapa waktu dalam setahun ketika Matahari segaris dengan salah satu bentangan jalan mereka, maka yang Anda dapatkan adalah sinar matahari yang secara sementara membuat silau para pengemudi.
    Jadi, Manhattanhenge adalah fenomena perkotaan yang unik di dunia, bukan alam semesta.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Powered by Blogger.

Follower

Total Visitor

Search This Blog

Archives

Translators

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Blogger templates

Blogger news

Budayakan membaca walaupun sekedar artikel ringan.

Page Fans

Blogroll

CHRONIC = ART