• UNESCO Tetapkan Gua Prasejarah di Prancis Ini Sebagai Warisan Dunia

    Sebuah gua di Prancis selatan yang dinamakan Kapel Sistina prasejarah masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.

    gua gambar cadas,pont darcSeribu lukisan di dinding gua dengan gambar cadas Pont d'Arc atau Grotte Chauvet berumur 36.000 tahun (AP via BBC Indonesia).
    Sebuah gua di Prancis selatan yang dinamakan Kapel Sistina prasejarah masuk dalam daftar Warisan Dunia UNESCO
    Seribu lukisan yang dipahat di dinding Gua Hias Pont d'Arc atau Grotte Chauvet itu telah berumur 36.000 tahun. 
    Di gua tersebut juga terdapat berbagai cap tangan dan mamut. 
    Ahli gua baru menemukannya di tahun 1994 karena pintu masuknya tertutup batu 23.000 tahun lalu. 
    Ini adalah satu dari sejumlah keajaiban budaya dan alam yang diberikan status warisan dunia oleh sebuah dewan di Doha, Qatar. 
    Badan kebudayaan PBB UNESCO menyatakan gua yang berada di daerah Ardeche ini mewakili ciptaan seni tertua dan paling terawat buatan orang Aurignacian, yang dipandang sebagai kebudayaan modern pertama di Eropa. 
    "Sebagian besar dari lebih seribu gambar tersebut menghiasi bidang seluas 8.500 meter persegi." 
    "Tingginya kualitas seni dan keindahannya menjadikan Grotte Chauvet bukti seni gua prasejarah," tambah UNESCO. 
    Gua berlukisan prasejarah ini menjadi benda budaya tertua dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Powered by Blogger.

Follower

Total Visitor

Search This Blog

Archives

Translators

English French German Spain Russian Japanese Arabic Chinese Simplified

Blogger templates

Blogger news

Budayakan membaca walaupun sekedar artikel ringan.

Page Fans

Blogroll

CHRONIC = ART